KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN REPUTASI AUDITOR, INTERNAL AUDITOR, RMC, FIRM SIZE TERHADAP ERM


Dwi Wahyu Aryani, 7211416040 (2020) KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN REPUTASI AUDITOR, INTERNAL AUDITOR, RMC, FIRM SIZE TERHADAP ERM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416040.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Enterprise Risk Management berdasarkan kerangka ISO 31000:2009 Risk Managemnt – Principles and Guidelines merupakan aktivitas-aktivitas terkoordinasi yang dilakukan dalam rangka mengelola dan mengontrol sebuah organisasi terkait dengan risiko yang dihadapinya. Pengungkapan Entrprise Risk Management di Indonesia diatur dalam beberapa regulasi, diantaranya Peraturan OJK No.1/POJK.05/2015 tentang penerapan manajemen risiko bagi lembaga keuangan non-bank, dan Peraturan OJK No.65/POJK.03/2016 tentang penerapan manajemen risiko bagi bank umum syariah dan unit usaha syariah. Namun pada tahun 2018 terdapat kasus dengan skala besar pada perusahaan asuransi Jiwasraya yang mengalami penundaan pembayaran polis sebesar 802 milyar, BPK menilai terdapat risiko sistemik yg ada pada kasus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Reputasi Auditor, Internal Auditor, Risk Management Committee (RMC) dan Firm Size terhadap Enterprise Risk Managemnt (ERM) dengan dimoderasi oleh Komite Audit. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampel dan menghasilkan 105 unit analisis dari 35 emiten, namun terdapat 1 data outlier sehingga menjadi 104 unit analisis yang diolah. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji selisih mutlak untuk moderasinya dan diolah dengan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reputasi Auditor dan Firm Size berpengaruh signifikan positif terhadap ERM, sedangkan Internal Auditor dan RMC tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ERM. Komite Audit terbukti mampu memperkuat pengaruh Reputasi Auditor terhadap ERM. Komite Audit terbukti mampu memperkuat pengaruh Internal Auditor, RMC dan Firm Size terhadap ERM. Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan proksi Internal Auditor lain. Selain itu penelitian selanjutnya diharpakan meneliti ERM seperti pada sektor transportasi. Investor diharapkan dapat memperhatikan Reputasi Auditor dan Firn Size dalam melihat penerapan ERM sehingga membantu dalam memutuskan terkait investasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Enterprise Risk Management, Reputasi Auditor, Internal Auditor, Risk Managemnt Committee, Firm Size, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:23
Last Modified: 02 Dec 2020 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41900

Actions (login required)

View Item View Item