PENGARUH BONUS PLAN, DEBT COVENANT, FIRM SIZE, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN TRANSFER PRICING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018)


Eka Amania Majidah, 7211416027 (2020) PENGARUH BONUS PLAN, DEBT COVENANT, FIRM SIZE, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN TRANSFER PRICING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416027.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7211416027.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tax avoidance masih menjadi isu klasik dalam bidang perpajakan. Tindakan tax avoidance dilakukan perusahaan untuk menekan beban pajak yang ditanggungnya secara legal dengan tidak melanggar ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bonus plan, debt covenant, firm size dan tunneling incentive terhadap tax avoidance dengan transfer pricing sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 -2018 yang berjumlah 47 perusahaan. pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sampel akhir sebanyak 10 perusahaan dengan 50 unit anlisis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan software IBM SPSS Statistic 21 dan analisis jalur serta sobel test untuk menguji transfer pricing dalam memediasi hubungan antara bonus plan, debt covenant, firm size dan tunneling incentive terhadap tax avoidance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonus plan dan debt covenant memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ETR atau berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Firm size dan tunneling incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan secara tidak langsung, pengaruh bonus plan, debt covenant, firm size dan tunneling incentive terhadap tax avoidance tidak dimediasi oleh transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini adalah bonus plan dan debt covenant dapat mempengaruhi tindakan tax avoidance pada perusahaan, sedangkan Firm size dan tunneling incentive tidak mempengaruhi tindakan tax avoidance pada perusahaan. Variabel transfer pricing tidak dapat memediasi bonus plan, debt covenant, firm size dan tunneling incentive terhadap tax avoidance. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan terutama bagi pihak manajemen perusahaan dalam mengatur jumlah pajak atau dalam keputusan melakukan tindakan penghindaran pajak masih dalam batas wajar sehingga dapat menjaga reputasi perusahaan. Saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat menggunakan variabel lain yang dapat berpengaruh dengan tax avoidance dan dapat dijadikan sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bonus Plan; Debt Covenant; Firm Size; Tunneling Incentive; Tax Avoidance; Transfer Pricing.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:06
Last Modified: 02 Dec 2020 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41897

Actions (login required)

View Item View Item