DETERMINAN KELENGKAPAN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI EMKM


Avif Dwi Indra Lukmana, 7211414193 (2020) DETERMINAN KELENGKAPAN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI EMKM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414193.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan usaha kecil menengah dengan segala karekteristiknya dituntut untuk menangkap peluang dalam situasi ekonomi yang sangat sulit, yaitu fleksibelitas yang tinggi, dan dengan dukungan manajemen yang memadai dalam menghasilkan produk dan jasa. Namun ada beberapa keterbatasan berupa lemahnya kemampuan mengakses sumber-sumber kemajuan usaha, salah satunya banyak UKM yang tidak menyediakan atau menyusun laporan keuangan dalam usahanya, adanya standar yang mengatur sebagai dasar pencatatan dan pelaporan akuntansi akan sangat membantu. Tetapi pelaku UMKM juga mengharapkan standar yang ada disusun sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka. Terkait dengan hal tersebut pada tahun 2018 DSAK IAI telah mengesahkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Meskipun SAK EMKM wajib dikelengkapkan pada Januari 2018, UKM masih kesulitan untuk menyiapkan laporan keuangan sesuai dengan standar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, pendidikan pemilik dan pelatihan akuntansi terhadap kelengkapan SAK EMKM pada UKM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan stratified proporsional random sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh responden sebanyak 69 UKM. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner, data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial regresi berganda. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, pendidikan pemilik dan pelatihan akuntansi bepengaruh positif terhadap kelengkapan SAK EMKM pada UKM. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya peran aktif pihak-pihak terkait yang dapat memberikan pelatihan SAK EMKM (seperti Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, dan Ikatan Akuntan Indonesia) kepada UKM

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Laporan Keuangan, Usaha Kecil Menengah, Standar Akuntansi Keuangan, Entitas, Akuntabilitas Publik.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:53
Last Modified: 02 Dec 2020 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41888

Actions (login required)

View Item View Item