PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2018


Anjasmara Urdi Anza, 7211414143 (2020) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414143.pdf]
Preview
PDF
Download (953kB) | Preview

Abstract

Fenomena banyaknya manufaktur yang terdaftar di BEI mengalami pailit atau kebangkrutan tersebut dapat dikatakan mengalami kondisi financial distress sehingga dapat terancam de-listing. Melihat kerugian yang sangat besar bagi berbagai pihak menimbulkan pemikiran bahwa prediksi financial distress diperlukan untuk mengidentifikasi sejak dini adanya kondisi yang menjurus ke arah kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 40 perusahaan dengan 3 tahun unit analisis. Variabel bebas penelitian ini yaitu likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan variabel terikat adalah financial distress. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder melalui laporan keuangan tahunan dari www.idx.co.id. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi logistik karena variabel dependen dalam penelitian ini merupakan variabel dichotomus. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh likuiditas yang diukur dengan current ratio bepengaruh negatif terhadap terjadinya financial distress dengan nilai sig 0,873 > 0,05; (2) Terdapat pengaruh positif signifikan leverage yang diukur dengan DER terhadap terjadinya financial distress dengan nilai sig 0,003 < 0,05; (3) terdapat pengaruh negatif signifikan profitabilitas yang diukur dengan ROA terhadap terjadinya financial distress dengan nilai sig 0,000 < 0,05; (4) Tidak terdapat pengaruh ukuran perusahaan yang diukur dengan Log total asset terhadap terjadinya financial distress dengan nilai sig 0,843 > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa financial distress dipengaruhi faktor leverage dan profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Saran penelitian yaitu penelitian berikutnya dapat menggunakan jenis perusahaan lain seperti perusahaan pertambangan, asuransi atau perbankkan yang memiliki potensi risiko yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Financial Distress
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:49
Last Modified: 02 Dec 2020 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41887

Actions (login required)

View Item View Item