DAMPAK EKONOMI DAN LINGKUNGAN KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) TANJUNG JATI B TERHADAP MASYARAKAT DI DESA TUBANAN KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA


Regina Lulufani, 7111416014 (2020) DAMPAK EKONOMI DAN LINGKUNGAN KEBERADAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) TANJUNG JATI B TERHADAP MASYARAKAT DI DESA TUBANAN KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111416014.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

PLTU Tanjung Jati B adalah pembangkit listrik tenaga uap yang dibangun di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. PLTU Tanjung Jati B mampu memenuhi kebutuhan listrik nasional sebesar 12%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak ekonomi dan dampak lingkungan keberadaan PLTU Tanjung Jati B terhadap masyarakat di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pengumpulan data untuk analisis kuantatif dilakukan dengan teknik wawancara Wawancara dilakukan terhadap 9 orang yang menjadi keyperson dalam penelitian ini. Selain itu, dilakukan juga penyebaran kuesioner sebagai salah satu cara untuk memberikan bukti pendukung bagi hasil wawancara dalam rangka triangulasi. Teknik penyebaran kuesioner dalam penelitian ini adalah teknik Convenience Sampling Method sebanyak 60 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya PLTU Tanjung Jati B berdampak terhadap ekonomi masyarakat di Desa Tubanan seperti mendapatkan kesempatan kerja, pengangguran, pendidikan, pendapatan, dan pelatihan UKM bagi masyarakat. Serta dampak lingkungan yang meliputi pencemaran, ketersediaan air, lahan pertanian berkurang dan infrastruktur. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa adanya PLTU Tanjung Jati B berdampak baik terhadap ekonomi masyarakat dan secara umum berdampak kurang baik terhadap lingkungan di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PLTU Tanjung Jati B, Dampak Ekonomi dan Lingkungan, Pendekatan Kuantitatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:41
Last Modified: 02 Dec 2020 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41885

Actions (login required)

View Item View Item