PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH


Samsul Afif Rahula, 7111413081 (2020) PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111413081.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah merupakan pelimpahan berbagai kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pemerintahannya masing-masing. Dampak dari kebijakan tersubut adalah daerah memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pemerintahnya masing-masing yang secara tidak langsung menuntut daerah untuk mandiri. Tingkat kemandirian Jawa Tengah yang diukur dari rasio pendapatan asli daerah terhadap total pendapatan daerah sebesar 18,2% menjadi yang paling rendah jika dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Jawa dalam kurun waktu tahun 2015-2018. Kemandirian yang rendah di Jawa Tengah sejalan dengan ketergantungannya terhadap transfer dari pemerintah pusat khususnya dana alokasi umum sebesar 40%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dana alokasi umum dan pendapatan daerah terhadap belanja daerah. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh laporan realisasi anggaran Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah yang berjumlah 35 Kabupaten/Kota dengan periode pengamatan tahun 2016-2018 diambil dengan metode total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Fhitung (1270.886) > Ftabel (3.09) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti bahwa secara simultan dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 pada tiap variabel yang berarti bahwa secara parsial dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah. Simpulan dari penelitian ini adalah dana alokasi umum dan pendapatan asli daerah baik secara simultan atau parsial berpengaruh terhadap belanja daerah. Pengaruh dana alokasi umum yang lebih besar dari pendapatan asli daerah dalam memenuhi kebutuhan belanja daerah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pemerintah daerah untuk lebih mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerahnya untuk mengurangi ketergantungan terhadap pemerintah pusat sehingga tujuan kemandirian daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:47
Last Modified: 02 Dec 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41880

Actions (login required)

View Item View Item