ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SEMARANG


Siti Ida Irawati, 7101416328 (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416328.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Karakter dan kemampuan belajar siswa yang berbeda merupakan tugas guru dalam mengenali serta memberikan perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pada pelajaran teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Se-Kabupaten Semarang terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar pada materi aplikasi pengolah angka yang mengharuskan siswa untuk mengetahui banyak rumus perhitungan, pengaturan penulisan, pengaturan kolom, dan mencetak hasil kerja. Kasulitan belajar siswa tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kemampuan inteligensi yang dimilikisiswa, tetapi hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh adanya faktor internal, faktok eksternal, dan faktor pendekatan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai faktor-faktor kesulitan belajar siswayangbertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dan faktor yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi sejumlah 77 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampling jenuh. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis faktor dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 33 variabel independenterbentuk lima faktor baru yaitu faktor keluarga dan minat, faktor sekolah dan masyarakat, faktor psikologis dan metode mengajar, faktor kelelahan, dan faktor fungsi jasmani. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar teknologi perkantorankelas X OTKP di SMK Se-Kabupaten Semarang adalah faktor keluarga dan minat siswa dengan nilai eigenvalue 6,253. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis faktor yang membentuk lima faktor baru yaitu faktor keluarga dan minat siswa, faktor sekolah dan masyarakat, faktor psikologis dan metode mengajar, faktor kelelahan, dan faktor fungsi jasmani. Faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga dan minat siswa yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran teknologi perkantoran siswa kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran di SMK Se-Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Teknologi Perkantoran, Analisis Faktor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:40
Last Modified: 02 Dec 2020 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41879

Actions (login required)

View Item View Item