PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KUALITAS AUDITOR DENGAN PERILAKU ETIS AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Survei pada KAP di Kota Semarang )


Anisa Hana Saraswati, 7101416320 (2020) PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP KUALITAS AUDITOR DENGAN PERILAKU ETIS AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Survei pada KAP di Kota Semarang ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416320.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Profesi akuntan publik merupakan profesi yang dibutuhkan karena dengan adanya laporan keuangan perusahaan yang baik maka akan meningkatkan kualitas perusahaan itu sendiri. Tugas akuntan publik yaitu menyediakan informasi bagi publik untuk pengambilan keputusan ekonomi dimana dalam melaksanakan tugasnya tersebut auditor berpedoman pada standar auditing dan kode etik akuntan publik yang relevan. Seorang auditor harus mempunyai kualitas yang baik. Kualitas auditor yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah perilaku etis auditor dapat memediasi locus of control dan kecerdasan intelektual terhadap kualitas auditor. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 90 responden yang terdiri dari 30 responden untuk uji coba instrumen dan 60 responden untuk penelitian di kantor akuntan publik (KAP) yang berada di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis regresi berganda menunjukan locus of control dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas auditor, perilaku etis auditor tidak berpengaruh terhadap kualitas auditor, locus of control dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis auditor, locus of control dan kecerdasan intelektual tidak berpengaruh terhadap kualitas auditor melalui perilaku etis auditor. Simpulan penelitian ini peran perilaku etis auditor tidak dapat memediasi pengaruh locus of control dan kecerdasan intelektual terhadap kualitas auditor. Saran dalam penelitian ini yaitu untuk lebih meningkatkan kecerdasan intelektual seorang auditor dengan cara memperluas wawasan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar karena dengan terus berlatih dan belajar dapat membuka dunia baru bagi auditor, sehingga mudah bagi auditor mempelajari banyak hal dan perubahan yang terjadi. Memperluas wawasan juga dapat membuka pikiran auditor mengenai kemungkinan-kemungkinan menarik yang bisa saja terjadi sehingga auditor semakin fleksibel dan lebih cerdas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Locus Of Control, Kecerdasan Intelektual, Kualitas Auditor, Perilaku Etis Auditor
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:32
Last Modified: 02 Dec 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41878

Actions (login required)

View Item View Item