APLIKASI ANALISIS KORELASI KANONIK UNTUK MENGUJI PENGARUH KONSENTRASI , , , dan TERHADAP PARAMETER METEOROLOGI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Dwi Rahayu, 4112317015 (2020) APLIKASI ANALISIS KORELASI KANONIK UNTUK MENGUJI PENGARUH KONSENTRASI , , , dan TERHADAP PARAMETER METEOROLOGI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4112317015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang dikenal sebagai kota satelit dengan kesibukan sehari-hari yang sangat padat. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan peningkatan penggunaan kendaraan bermotor, Parameter polusi udara dari kendaraan bermotor seperti karbonmonoksida ( ), Nitrogen oksida ( ), Methane ( ), nonmethane (Non ), Sulful dioksida ( ) dan Partikel ( ) dapat menimbulkan efek terhadap pemanasan global dan lain sebagainya. Tujuan Penelitian ini dengan mengaplikasikan analisis multivariat korelasi kanonik yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi , , , dan terhadap Parameter Meteorologi (arah angin, RH, dan suhu) di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Oleh karena itu data yang didapatkan merupakan data sekunder. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik korelasi kanonik. Analisis korelasi kanonikal adalah model statistika multivariat yang digunakan untuk identifikasi dan kuantifikasi hubungan antara dua himpunan variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan interpretasi korelasi kanonikal yang dilakukan dengan tiga koefisien yaitu Canonical Weight, Canonical Loadings dan Canonical Cross-Loadings, terdapat hubungan atau interaksi antara independent variat terhadap dependent variat dengan artian ada pengaruh konsentrasi , , , Dan terhadap Parameter Meteorologi di Kota Semarang. Dari ketiga variabel independen yang memberikan kontribusi yang tinggi dalam menghasilkan canonical variate yang berkorelasi tinggi yaitu variabel dengan besaran angka korelasi sebesar -0,90601. Tanda negatif artinya menunjukkan hubungan yang berlawanan arah. Jadi dengan pengolahan data meteorologi dengan analisis multivariat korelasi kanonik memberikan informasi bahwa berdasar keberadaan data saat itu diperoleh kenaikan konsentrasi gas buang di udara mempengaruhi parameter meteorologi yaitu turunnya suhu, kelembaban, dan arah angin. Polusi udara saat ini yang diakibatkan oleh variabel cukup tinggi. Hal itu perlu mendapat perhatian untuk penanganannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: korelasi kanonik, parameter kualitas udara, parameter meteorologi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:59
Last Modified: 01 Dec 2020 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41835

Actions (login required)

View Item View Item