ANALISIS FAKTOR PDRB MENURUT LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN SEMARANG PERIODE 2010-2019


Mitha Ramadhani Pratiwi, 4112317007 (2020) ANALISIS FAKTOR PDRB MENURUT LAPANGAN USAHA YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN SEMARANG PERIODE 2010-2019. Diploma thesis, Unnes.

[thumbnail of 4112317007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Analisis multivariat adalah analisis multi variabel dalam satu atau lebih hubungan. Salah satu teknik analisis multivariat yang dapat digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi adalah analisis faktor. Proses analisis faktor mencoba menemukan hubungan (interrelationship) antara sejumlah variabel-variabel yang saling independen dengan yang lain, sehingga bisa dibuat satu atau beberapa kumpulan variabel yang lebih sedikit dari jumlah awal. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Variabel-variabel PDRB pada sektor basis apa sajakah yang layak untuk dilakukan analisis lebih lanjut?; (2) Variabel-variabel PDRB pada sektor basis apa sajakah yang layak untuk dihilangkan (direduksi)?; (3) Berapa faktor yang terbentuk dari variabelvariabel PDRB pada sektor basis setelah dilakukan analisis faktor?; (4) Variabel PDRB pada sektor basis apa yang paling dominan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Semarang periode 2010-2019?. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari BPS Kabupaten Semarang yaitu data PDRB atas dasar harga konstan 2010 pada sektor basis Kabupaten Semarang periode tahun 2010 sampai dengan 2019. Dari hasil analisis diperoleh, variabel yang layak untuk dianalisis lebih lanjut adalah kedelapan variabel yang ada. Variabel-variabel tersebut layak untuk dianalisis lebih lanjut karena memiliki nilai MSA lebih dari 0,5. Variabel yang layak untuk dihilangkan (direduksi) tidak ada, karena semua variabel dapat dilakukan analisis lebih lanjut. Satu faktor adalah yang optimal dalam meringkas kedelapan variabel tersebut. Faktor yang paling dominan pengaruhnya dari PDRB sektor basis yang mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Semarang periode 2010-2019 adalah sektor jasa perusahaan dengan korelasi sebesar 1,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Multivariat, Analisis Faktor, PDRB, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:56
Last Modified: 01 Dec 2020 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41834

Actions (login required)

View Item View Item