ANALISIS FAKTOR UNSUR CUACA YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS PENERBANGAN DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG TAHUN 2018 DENGAN METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS


Sely Dwi Tresnaeni, 4112317005 (2020) ANALISIS FAKTOR UNSUR CUACA YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS PENERBANGAN DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG TAHUN 2018 DENGAN METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS. Diploma thesis, Unnes.

[thumbnail of 4112317005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu tertentu. Secara sederhana, cuaca dapat dimaknai sebagai apa yang terjadi saat ini dan dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Untuk itu dalam penelitian ini akan dibahas mengenai analisis faktor unsur cuaca yang mempengaruhi aktivitas penerbangan menggunakan principal component analysis. Metode principal component analysis adalah salah satu metode dalam analisis faktor dimana sebuah variabel akan mengelompok ke suatu faktor yang terdiri atas beberapa variabel jika variabel tersebut berkorelasi dengan faktor sejumlah variabel lain yang masuk dalam kelompok faktor tertentu. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menerapkan metode principal component analysis untuk melakukan ekstraksi atau proses penyederhanaan dari banyak variabel unsur cuaca yang mempengaruhi aktivitas penerbangan di bandara Ahmad Yani Semarang tahun 2018 menjadi suatu faktor dan mengetahui variabel yang memberikan pengaruh paling dominan pada analisis faktor yang terbentuk. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder dari BMKG kota Semarang. Obyek penelitian yang dipakai adalah 7 variabel unsur cuaca pada aktivitas penerbangan di kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah suhu udara (X1), kelembaban udara (X2), curah hujan (X3), arah angin (X4), kecepatan angin (X5), tekanan udara (X6), dan penyinaran matahari (X7). Data akan dianalisis menggunakan metode principal component analysis dengan bantuan software SPSS versi 20. Dari hasil analisis faktor unsur cuaca yang mempengaruhi aktivitas penerbangan di bandara Ahmad Yani Semarang tahun 2018 terbentuk 3 faktor yaitu faktor 1, faktor 2 dan faktor 3. Faktor 1 memiliki nilai eigen sebesar 1,531%, faktor 2 memiliki nilai eigen sebesar 1,391% dan faktor 3 memiliki nilai eigen sebesar 1,253%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi aktivitas penerbangan di bandara Ahmad Yani Semarang tahun 2018 yaitu faktor 1 yang terdiri dari variabel curah hujan, arah angin, dan kecepatan angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Unsur Cuaca, Principal Component Analysis, Analisis Faktor
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:52
Last Modified: 01 Dec 2020 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41833

Actions (login required)

View Item View Item