ANALISIS SENTIMEN DATA ULASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA LAWANG SEWU KOTA SEMARANG PADA SITUS TRIPADVISOR


Anggi Vivi Febrianti, 4112317002 (2020) ANALISIS SENTIMEN DATA ULASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA LAWANG SEWU KOTA SEMARANG PADA SITUS TRIPADVISOR. Diploma thesis, Unnes.

[thumbnail of 4112317002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemajuan pesat dibidang teknologi dan komunikasi bisa sangat dirasakan seiring dengan perkembangan internet yang semakin maju dan meluas. Bidang pariwisata tak luput dari pengaruh kemajuan teknologi. Ketersediaan data yang melimpah di internet dapat ditambang dan dianalisis untuk memperoleh informasi yang bermanfaat. Pada penelitian ini akan dianalisis sentimen pengunjung objek wisata Lawang Sewu berdasarkan ulasan pada situs TripAdvisor. Ulasan pengunjung Lawang Sewu diperoleh dengan cara web scraping dari situs TripAdvisor. Data ulasan berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia dianalisis untuk mengetahui apakah ulasan bersentimen positif atau negatif. Tahap analisis data yaitu text preprocessing untuk membersihkan data, pembobotan kata, pelabelan data menjadi kelas positif dan negatif, pengklasifikasian dan visualisasi data dengan word cloud. Dalam penelitian ini digunakan metode klasifikasi Support Vector Mechine, Naïve Bayes, Decision Tree, Random Forest dan Logistic Regression. Nilai akurasi yang dihasilkan untuk masing-masing metode pada data ulasan berbahasa Inggris secara berturut-turut sebesar 89,3%, 87,7%, 76,3%, 87,7%, 87,7% dan untuk data ulasan berbahasa Indonesia sebesar 86,2%, 78,9%, 72,4%, 80,0% dan 80,5%. Dari kedua data ulasan didapatkan informasi bahwa mayoritas ulasan pengunjung bersentimen positif, dan metode Support Vector Mechine paling baik untuk mengklasifikasikan data ulasan pengunjung Lawang Sewu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lawang Sewu, analisis sentimen, klasifikasi, Support Vector Mechine, Naïve Bayes, Decision Tree, Random Forest, Logistic Regression
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:15
Last Modified: 01 Dec 2020 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41832

Actions (login required)

View Item View Item