KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN GEOGEBRA


Fikri Halim, 4101416095 (2020) KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN GEOGEBRA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan model team assisted individualization (TAI) berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan spasial matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan spasialnya yang ditinjau dari minat belajar. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential explanatory. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel siswa Kelas 8C sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas 8D sebagai kelas kontrol yang terpilih menggunakan teknik random sampling. Pemilihan subjek penelitian yaitu dengan memilih dua siswa dari masing-masing kategori minat belajar dengan tekanik purposive sampling setelah dilaksanakan analisis pengisian angket minat belajar dan tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaraan TAI berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan spasial matematis siswa yang ditunjukkan oleh: (1) Kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan GeoGebra melampaui ketuntasan belajar; dan (2) kemampuan spasial matematis siswa yang menggunakan model TAI berbantuan GeoGebra lebih baik daripada kemampuan spasial matematis siswa yang menggunakan model direct instruction. Deskripsi kemampuan spasial matematis siswa yang ditinjau dari minat belajarnya yaitu: (1) siswa dengan minat belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial; (2) siswa dengan minat belajar sedang mampu memenuhi dua indikator dan satu indikator kurang mampu tercapai; dan (3) siswa dengan minat belajar rendah kurang mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial Matematis, Minat Belajar, Team Assisted Individualization, GeoGebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:08
Last Modified: 01 Dec 2020 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41830

Actions (login required)

View Item View Item