KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN EDMODO


Dhea Amalia, 4101416063 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN EDMODO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran TAI berbantuan edmodo efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran TAI berbantuan Edmodo ditinjau dari kecemasan matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential explanatory. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, observasi, angket, dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2019/2020, secara teknik random sampling terpilih dua kelas yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model TAI berbantuan Edmodo melebihi KKM dan ketuntasan klasikal; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model TAI berbantuan edmodo lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran direct instruction berbantuan edmodo; (3) siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah mampu memenuhi semua indikator; (4) siswa dengan kecemasan matematis sedang mampu memenuhi lima dari enam indikator; (5) siswa dengan kecemasan matematis tinggi hanya mampu memenuhi empat dari enam indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecemasan Matematis, Team Assisted Individualization berbantuan Edmodo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:06
Last Modified: 01 Dec 2020 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item View Item