KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA


Ressa Novinta Sari, 4001416051 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran blended learning menggunakan moodle terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Semarang pada kelas VIII semester genap pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil yang diperoleh selaras dengan hasil angket kemandirian belajar siswa yang menunjukkan rata-rata kemandirian belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji t-test hasil belajar kognitif siswa menunjukkan nilai thitung> ttabel yaitu sebesar 8,59 > 1,67. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 0,61 dan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Pembelajaran blended learning menggunakan moodle efektif terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Moodle, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:03
Last Modified: 01 Dec 2020 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41828

Actions (login required)

View Item View Item