PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG MEREK AKIBAT PEMBATALAN MEREK OLEH DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (Tinjauan Yuridis Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 33/Pdt.Sus.Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst)


Albert Renaldi Tambunan, 8111416091 (2020) PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG MEREK AKIBAT PEMBATALAN MEREK OLEH DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (Tinjauan Yuridis Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 33/Pdt.Sus.Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG MEREK AKIBAT PEMBATALAN MEREK OLEH DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (Tinjauan Yuridis Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 33/Pdt.Sus.Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst)]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG MEREK AKIBAT PEMBATALAN MEREK OLEH DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (Tinjauan Yuridis Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 33/Pdt.Sus.Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembatalan Merek merupakan suatu upaya hukum untuk menghilangkan eksistensi suatu merek dari daftar umum merek. Pembatalan merek dapat diajukan oleh pihak yang berkepentingan berdasarkan alasan yang menjadi syarat pendaftaran merek. Akibat dari pembatalan merek tersebut memberikan kerugian yang cukup besar bagi pemegang merek. karena kerugian tersebut maka pemegang merek yang dibatalkan perlu mendapatkan perlindungan agar bisa terhindar dari kerugian tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Apa akibat hukum terhadap merek yang dibatalkan ? 2) Bagaimana Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 33 / Pdt.Sus.Merek / 2019 / Pn.Niaga .Jkt.Pst? Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Normatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diharapakan nantinya akan bersifat deskriptif analitis. Sehingga melalui penelitian ini penulis dapat memperoleh gambaran mengenai keadaan, dengan cara memaparkan data yang diperoleh sebagaimana adanya dan kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Akibat Hukum yang timbul dari suatu pembatalan merek ialah dicoretnya merek tersebut dari daftar umum merek, berakhirnya perlindungan hukum terhadap merek tersebut, dan berakibat juga pada pihak ketiga, yaitu penerima lisensi. 2) Putusan Majelis Hakim dalam Putusan Nomor 33 / Pdt.Sus.Merek / 2019 / Pn.Niaga .Jkt.Pst telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan Merek yang berlaku karena Merek STONES dan STONES & CO telah terbukti didaftarkan dengan itikad tidak baik dengan meniru Merek ROLLING STONES dan THE STONES yang merupakan merek terkenal. Simpulan pada penelitian ini adalah Akibat hukum yang timbul akibat pembatalan merek ini menyebabkan hilangnya hak dan perlindungan terhadap pemegang merek yang dibatalkan, karena konsekuensi yuridis dari suatu pembatalan merek yaitu hilangnya perlindungan terhadap merek tersebut. Dalam Putusan Nomor 33/Pdt.Sus.Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst Merek STONES dan STONES & CO dalam proses pendaftarannya telah terbukti beritikad tidak baik dalam proses pendaftaran merek dengan melakukan peniruan terhadap merek terkenal sebagaimana diatur di dalam Pasal 21 ayat (1) huruf b dan c sehingga Merek STONES dan STONES & CO harus dibatalkan. Saran kepada Pemerintah untuk lebih berhati-hati dan mempertimbangkan secara matang penerbitan hak dalam proses pendaftaran merek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Akibat Hukum, Pembatalan Merek
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 08:14
Last Modified: 30 Nov 2020 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41823

Actions (login required)

View Item View Item