PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN WORK ENGAGEMENT PADA LIFE SATISFACTION MELALUI WORK LIFE BALANCE (Studi pada perawat wanita Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal)


Yanah Ria, 7311415087 (2020) PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN WORK ENGAGEMENT PADA LIFE SATISFACTION MELALUI WORK LIFE BALANCE (Studi pada perawat wanita Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN WORK ENGAGEMENT PADA LIFE SATISFACTION MELALUI WORK LIFE BALANCE (Studi pada perawat wanita Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal)]
Preview
PDF (PENGARUH WORK FAMILY CONFLICT DAN WORK ENGAGEMENT PADA LIFE SATISFACTION MELALUI WORK LIFE BALANCE (Studi pada perawat wanita Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal)) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun terakhir perubahan ekonomi, sosial, dan budaya telah berdampak pada kehidupan kerja individu maupun pada perusahaanperusahaan. Salah satu dampak pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat ditandai dengan tumbuhnya industri-industri baru yang menimbulkan peluang bagi angkatan kerja baik pria maupun wanita (Ashar & Harsanti, 2016:121). Kehadiran kaum wanita dalam dunia kerja memiliki manfaat yang besar dan diperlukan dalam dunia kerja.. Semakin banyaknya tenaga kerja wanita yang bekerja, maka semakin banyak pula wanita yang mengalani peran ganda, yaitu tenaga kerja wanita yang menjalankan dua peran sekaligus karena selain berperan di dalam keluarga juga berperan didalam karirnya. Bagi wanita bekerja, bagaimanapun mereka adalah ibu rumah tangga yang sulit lepas begitu saja dari lingkungan keluarga (Ashar & Harsanti, 2016:121). Ketika wanita mengalami konflik peran (work family conflict) maka akan menurunkan kepuasan hidupnya. Namun, apabila wanita bekerja memiliki keterikatan kerja (work engagement) maka akan meningkatkan kepuasan hidupnya. Keseimbangan hidup (work life balance) yang dimiliki wanita bekerja juga dapat meningkatkan kepuasan hidupnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat wanita yang sudah menikah di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan diperoleh ukuran sampel sebanyak 118 perawat wanita yang sudah menikah. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan uji instrumen (validitas dan reliabelitas), uji hipotesis, dan uji path analysis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 23. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa lima hipotesis diterima dan dua hipotesis ditolak. Work family conflict berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada life satisfaction perawat wanita. Work engagement berpengaruh positif dan signifikan pada life satisfaction. Work family conflict berpengaruh negatif dan signifikan pada work life balance. Work engagement berpengaruh positif dan signifikan pada work life balance. Work life balance berpengaruh positif dan signifikan pada life satisfaction. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa work life balance mampu memediasi hubungan work engagement pada life satisfaction, namun tidak mampu memediasi hubungan work family conflict pada life stisfaction. Simpulan dari penelitian ini work family conflict tidak berpengaruh pada life satisfaction, namun dapat menurunkan work life balance. Work engagement dapat meningkatkan life satisfaction dan work life balance. Work life balance dapat meningkatkan life satisfaction. Sedangkan work life balance terbukti hanya mampu memediasi pengaruh work engagement dan life satisfaction. Saran dari penelititian ini yaitu manajemen rumah sakit hendaknya mengurangi kegiatan yang membuat perawat wanita begitu lelah, serta memberikan cuti apabila dirasa perlu untuk mengurangi konflik yang terjadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Work Family Conflict, Work Engagement, Life Satisfaction, Work Life Balance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 06:49
Last Modified: 30 Nov 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41803

Actions (login required)

View Item View Item