DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018)


Tsalitsa Zulfa, 7101416272 (2020) DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416272.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu media yang dipilih untuk memperlihatkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dewan komisaris dan kepemilikan asing terhadap pengungkapan corporate social responsibility dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa (BEI) pada tahun 2018. Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling menggunakan beberapa kriteria yang sudah ditentukan, sehingga diperoleh 64 perusahaan. Data sekunder yang digunakan merupakan laporan keuangan tahunan yang diunduh melalui website resmi BEI. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur dengan alat bantu analisis WarpPLS 7.0. Hasil uji hipotesis menunjukan dewan komisaris dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Dewan komisaris dan kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Dewan komisaris secara tidak langusng berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR melalui profitabilitas, sementara kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR melalui profitabilitas. Simpulan penelitian ini adalah dewan komisaris secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi peningkatan pengungkapan CSR, sedangkan kepemilikan asing secara langsung maupun tidak langsung tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Saran dari penelitian ini perusahaan harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengungkapan CSR serta pengungkapan CSR harus sesuai dengan indikator yang berlaku yaitu GRI standards, penelitian selanjutnya dapat menggunakan alternative variabel independen lain selain kepemilikan asing, karena pada penelitian ini kepemilikan asing tidak mempengaruhi pengungkapan CSR secara langsung maupun melalui profitabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dewan Komisaris, Kepemilikan Asing, Profitabilitas, Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 06:47
Last Modified: 30 Nov 2020 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41802

Actions (login required)

View Item View Item