PERBEDAAN KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017)


Pavita Bayu Permata Putri, 7311415079 (2020) PERBEDAAN KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017)]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa perbedaan ratarata kebijakan pembayaran dividen dengan kepemilikan pemerintah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2017. Penelitian sebelumnya masih menunjukkan perbedaan hasil penelitian atau hasil yang tidak konsisten antara satu penelitian dengan penelitian lain. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kebijakan pembayaran dividen sebagai variabel dependen dan Kepemilikan Pemerintah sebagai variabel independen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 1.753. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan model regresi variabel dummy analisis varians (anova). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kebijakan pembayaran dividen yang dilakukan kepemilikan pemerintah lebih tinggi daripada perusahaan yang tidak memiliki kepemilikan pemerintah. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya kepemilikan pemerintah maka jumlah dividen yang dibagikan akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemilikan pemerintah memberikan rata-rata kebijakan pembayaran dividen lebih tinggi daripada kepemilikan non pemerintah. Saran bagi manajemen perusahaan, dalam membuat kebijakan pembayaran dividen hendaknya perusahaan selalu mempertimbangkan kepentingan dari pemilik perusahaan. Bagi investor hendaknya memperhatikan faktor di luar ekonomi dalam berinvestasi. Untuk peneliti selanjutnya, dapat digunakan sebagai referensi tambahan dan penelitian dapat dilakukan satu per satu sektor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Pemerintah, Kebijakan Pembayaran Dividen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 06:44
Last Modified: 30 Nov 2020 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41801

Actions (login required)

View Item View Item