PENGARUH E-REGISTRATION, E-FILING, E-BILLING, KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Selatan Tahun 2019)


Arbani Rusdi, 7211415126 (2020) PENGARUH E-REGISTRATION, E-FILING, E-BILLING, KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Selatan Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH E-REGISTRATION, E-FILING, E-BILLING, KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Se]
Preview
PDF (PENGARUH E-REGISTRATION, E-FILING, E-BILLING, KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Se) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mempublikasikan laporan kinerja yang menunjukkan tingkat kepatuhan Wajib Pajak semakin menurun dari tahun 2016-2018. Salah satu metode efektif dan berpotensi besar dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak adalah dengan reformasi perpajakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-Registration, e-Filing, e-Billing, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Selatan yang berjumlah 16.356 Orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 Wajib Pajak Orang Pribadi yang diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat toleransi kesalahan 0,14 dan menggunakan metode sampling insidental. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modeling dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Registration, e-Filing, dan kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. E-Billing, pemahaman peraturan pajak, dan sanksi pajak tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa e-Registration, e-Filing, dan kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. E-Billing, pemahaman peraturan pajak, dan sanksi pajak tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan variabel dan jumlah sampel agar dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan Wajib Pajak secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, e-Registration, e-Filing, e-Billing, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:55
Last Modified: 30 Nov 2020 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41791

Actions (login required)

View Item View Item