PENGARUH AUDITOR SWITCHING, SPESIALISASI AUDITOR, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)


Emy Setya Damayanti, 7211415082 (2020) PENGARUH AUDITOR SWITCHING, SPESIALISASI AUDITOR, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH AUDITOR SWITCHING, SPESIALISASI AUDITOR, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)]
Preview
PDF (PENGARUH AUDITOR SWITCHING, SPESIALISASI AUDITOR, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas audit merupakan unsur penting dalam menilai hasil audit atas laporan keuangan yang akan digunakan untuk menurunkan risiko informasi dan memperbaiki proses pengambilan keputusan oleh para pemangku kepentingan. Namun, terungkapnya kasus-kasus kecurangan yang dilakukan baik oleh auditor maupun pihak manajemen perusahaan berdampak terhadap menurunnya kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor. Penelitian terdahulu terkait kualitas audit juga masih menunjukkan adanya perbedaan hasil sehingga masih dibutuhkan riset untuk kualitas audit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh auditor switching, spesialisasi auditor, dan struktur kepemilikan terhadap kualitas audit. Populasi penelitian ini adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 13 perusahaan dengan unit analisis sebanyak 38 setelah dikurangi data outlier sebanyak 1 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan yang didapat dari BEI. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linear Berganda dengan berbantuan software IBM SPSS versi 23.0. Hasil dari penelitian ini adalah variabel auditor switching dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit. Spesialisasi audit berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas audit. Kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Saran yang ditujukan untuk pemegang saham adalah sebelum berinvestasi hendaknya selain memperhatikan laba tahunan juga memperhatikan struktur kepemilikan khususnya kepemilikan institusional. Saran untuk perusahaan adalah untuk meningkatkan jumlah kepemilikan saham oleh pihak institusional. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah memperluas akses data baik secara sektoral maupun tahun pengamatan, menggunakan cara pengukuran lain baik untuk auditor switching, spesialisasi auditor serta menambahkan komponen corporate governance lainnya. Proksi pengukuran kualitas audit dapat dikembangkan lagi dengan melihat dari sisi auditor seperti menilai independensi dan karakteristik auditor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Audit, Auditor Switching, Spesialisasi Auditor, Struktur Kepemilikan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:34
Last Modified: 30 Nov 2020 05:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41788

Actions (login required)

View Item View Item