PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)


Binti Iin Khoirin Nisak, 7211415061 (2020) PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN, FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompleksitas perusahaan, fungsi audit internal, risiko perusahaan dan ukuran KAP terhadap audit fee. Audit fee merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atas jasa audit laporan keuangan yang telah dilakukan oleh akuntan publik dimana banyak terdapat faktor yang menjadi pertimbangan penetapan besaran nilainya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh sampel sesuai dengan kriteria yang ditelah ditentukan sebelumnya. Sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 19 perusahaan dengan 72 unit analisis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan software IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompleksitas perusahaan, fungsi audit internal dan ukuran KAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit fee. Sedangkan risiko perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit fee. Secara simultan kompleksitas perusahaan, fungsi audit internal, risiko perusahaan dan ukuran KAP berpengaruh terhadap audit fee. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan proksi lain yang lebih akurat untuk mengukur risiko perusahaan dan menggunakan pengukuran fungsi audit internal dari segi kualitas. Memperluas objek penelitian dengan menggunakan rentang waktu yang lebih panjang dan memilih perusahaan sektor lain agar hasil penelitian lebih beragam. Penelitian selanjutnya juga diharapkan menggunakan dasar yang akurat dalam menentukan kriteria variabel dalam distribusi frekuensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audit Fee, Kompleksitas Perusahaan, Fungsi Audit Internal, Risiko Perusahaan, Ukuran KAP
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:28
Last Modified: 30 Nov 2020 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41787

Actions (login required)

View Item View Item