ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Se-Kota Semarang)


Dita Andriani, 7211415036 (2020) ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Se-Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Se-Kota Semarang)]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN SPIRITUAL (SQ), DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Se-Kota Semarang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu profesi yang menuntut untuk memiliki moral yang tinggi adalah akuntan. Profesi akuntan memiliki tanggung jawab untuk bertindak sesuai dengan kepentingan publik. Dalam menjalankan kegiatan profesionalnya, seorang akuntan harus menjunjung tinggi etika. Meskipun Indonesia telah mengadopsi kode etik profesi dari organisasi profesi internasional namun hingga saat ini masih saja terjadi pelanggaran kode etik profesi akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris mengenai pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ), dan love of money (LOM) terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Akuntansi angkatan 2015-2016 di Perguruan Tinggi Negeri se-Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh 160 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan data primer melalui instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sedangkan kecerdasan emosional (EQ) dan love of money (LOM) tidak memberikan pengaruh. Sedangkan secara simultan, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan love of money berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan objek penelitian lain seperti perguruan tinggi swasta, variabel independen dapat diperluas sehingga dapat menjelaskan pengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi karena dalam penelitian ini hanya sebesar 36,6%. Misalnya, menggunakan aspek organisasional yang mempengaruhi perilaku etis mahasiswa akuntansi, seperti suasana etis organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku etis, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, love of money
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 05:12
Last Modified: 30 Nov 2020 05:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41786

Actions (login required)

View Item View Item