STRATEGI KESIAPAN IMPLEMENTASI PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE


Syafitri Nur Aini, 7111415036 (2020) STRATEGI KESIAPAN IMPLEMENTASI PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI KESIAPAN IMPLEMENTASI PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE]
Preview
PDF (STRATEGI KESIAPAN IMPLEMENTASI PAJAK PENGHASILAN E-COMMERCE) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi semakin berkembang menyebabkan masyarakat beralih dari belanja dari toko konvesional ke toko daring. Adanya online shop menyebabkan toko konvesional menjadi lesu karena masyarakat lebih memilih belanja daring. Fenomena tersebut membuat negara merancang peraturan baru yang mengatur khusus tentang pajak e-commerce dengan mengeluarkan PMK No. 210 tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan implementasi pajak penghasilan pada transaksi e-commerce. Metode penelitian yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Sumber data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara kepada KPP Pratama Semarang Barat dan pengusaha di e-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perumusan alternatif strategi dengan menggunakan matrik IE pada kebijakan pajak penghasilan pada transaksi e-commerce adalah pada kuadran II yaitu memiliki posisi internal rata-rata dan eksternal yang tinggi. Berdasarkan Diagram Kuadran SWOT kebijakan pajak penghasilan pada transaksi e-commerce berada pada kuadran II yang artinya meskipun kebijakan pajak penghasilan pada transaksi e-commerce ini menghadapi ancaman yang cukup besar namun dapat memanfaatkan faktor kekuatan dan peluang dalam jangka panjang dalam mendukung strategi diversifikasi pengembangan. Saran yang dapat di berikan adalah strategi ST (Strengths – Weakness) yaitu menetapkan regulasi yang jelas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mengoptimalkan keanekaragaman platform e-commerce untuk fasilitas dalam penerapan pajak, dan mengoptimalkan sistem di e-commerce untuk memberikan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Pajak Penghasilan, E-commerce.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:44
Last Modified: 30 Nov 2020 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41785

Actions (login required)

View Item View Item