ANALISIS PREFERENSI KONSUMSI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DI MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Barat)


Herdian Rudi Pradipta, 7111413076 (2020) ANALISIS PREFERENSI KONSUMSI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DI MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Barat). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PREFERENSI KONSUMSI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DI MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Barat)]
Preview
PDF (ANALISIS PREFERENSI KONSUMSI MASYARAKAT KOTA SEMARANG DI MINIMARKET MODERN (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Barat)) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minimarket modern dewasa ini sudah menjadi pilihan tempat berbelanja yang cukup diminati masyarakat sebagai konsumen. Hal ini tercermin dari terus bertambahnya gerai minimarket modern di Indonesia, khususnya di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola preferensi konsumsi makanan dan non makanan masyarakat berbelanja di minimarket modern baik dari masing-masing jenis kelamin pria dan wanita, maupun secara keseluruhan di Kota Semarang, khususnya di Kecamatan Semarang Barat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapat adalah preferensi konsumsi makanan masyarakat apabila dilihat secara keseluruhan, masyarakat memiliki preferensi konsumsi makanan yang sedang di minimarket modern. Begitupun apabila dilihat masing-masing jenis kelamin, ditemukan bahwa baik masyarakat Pria maupun wanita memiliki nilai preferensi konsumsi makanan di minimarket modern pada kategori sedang Preferensi konsumsi non makanan masyarakat, baik secara keseluruhan maupun masing-masing jenis kelamin pria dan wanita memiliki preferensi berbelanja yang tinggi di minimarket modern. Preferensi konsumsi masyarakat secara keseluruhan, yaitu gabungan antara konsumsi makanan dan non makanan, menunjukan bahwa masyarakat memiliki preferensi yang tinggi untuk berbelanja di minimarket modern. Preferensi berbalanja di minimarket modern yang tinggi tentu mengancm eksistensi pedagang tradisional seperti pedagang pasar dan warung kelontong. Masyarakat sebagai konsumen sebaiknya lebih memperhatikan untuk berbelanja di pedagang tradisional agar eksistensinya tidak terancam oleh keberadaan minimarket modern, terlebih jika dirasa lokasinya dekat misalnya pasar atau warung kelonthong yang lokasinya masih dekat dengan rumah. Di sisi lain pedagang tradisional juga perlu untuk meningkatkan kualitas barang, penjulan, dan pelayanan agar konsumen tertarik untuk berbelanja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Preferensi,Konsumsi, Minimarket Modern
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:39
Last Modified: 30 Nov 2020 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41783

Actions (login required)

View Item View Item