PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PERATURAN SEKOLAH, DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA DENGAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kebangsaan Raja Permaisuri Bainun, Ipoh Malaysia)


Rahmasari Kusumadewi ., 7101416287 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PERATURAN SEKOLAH, DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA DENGAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kebangsaan Raja Permaisuri Bainun, Ipoh Malaysia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PERATURAN SEKOLAH, DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA DENGAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kebangsaan Raja Permaisuri Bainun, Ipoh Malaysia)]
Preview
PDF (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PERATURAN SEKOLAH, DAN PERAN GURU TERHADAP KARAKTER SISWA DENGAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kebangsaan Raja Permaisuri Bainun, Ipoh Malaysia)) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Malaysia merupakan negara dengan pembentukan karakter yang berprespektif masa depan yaitu membentuk generasi muda dengan nilai-nilai karakter bangsa. Siswa yang berkarakter dinilai dapat menjadi aset terbesar suatu bangsa. Namun berdasarkan hasil observasi awal di SMK Raja Permaisuri Bainun, Ipoh, Malaysia masih ditemukan adanya beberapa permasalahan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, peraturan sekolah, dan peran guru terhadap karakter siswa dengan ekstrakurikuler sebagai variabel moderasi. Subyek penelitian ini adalah siswa tingkat empat di SMK Raja Permaisuri Bainun, Malaysia tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu sejumlah 92 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh negatif terhadap karakter siswa sebesar 6,35%, peraturan sekolah berpengaruh positif terhadap karakter siswa sebesar 31,60%, peran guru berpengaruh negatif sebesar 6%. Uji moderasi menunjukkan ekstrakurikuler mampu memoderasi dengan memperkuat pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter siswa sebesar 7,73%, memperlemah hubungan peraturan sekolah sebesar 26,63% dan memperkuat hubungan peran guru dengan karakter siswa sebesar 2,31%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan peran guru berpengaruh negatif signifikan terhadap karakter siswa, sementara itu peraturan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap karakter siswa dan ekstrakurikuler mampu memoderasi dengan memperkuat pola asuh orang tua dan peran guru terhadap karakter siswa, serta memperlemah peraturan sekolah terhadap karakter siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu orang tua hendakya merencakan kegiatan intensif bersama siswa seperti berlibur bersama, guru diharapkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan intensitas interaksi dengan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Peraturan Sekolah, Peran Guru, Ekstrakurikuler, Karakter Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:20
Last Modified: 30 Nov 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41780

Actions (login required)

View Item View Item