PENGARUH LATIHAN FOREHAND DRIVE DIUMPAN DENGAN ARAH BOLA DEPAN BELAKANG DAN ARAH BOLA KANAN KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN FOREHAND DRIVE PADA ANGGOTA PUTRA UKM TENIS UNNES TAHUN 2010


Afif Choiru Rizal , 6301406082 (2010) PENGARUH LATIHAN FOREHAND DRIVE DIUMPAN DENGAN ARAH BOLA DEPAN BELAKANG DAN ARAH BOLA KANAN KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN FOREHAND DRIVE PADA ANGGOTA PUTRA UKM TENIS UNNES TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN FOREHAND DRIVE DIUMPAN DENGAN ARAH BOLA DEPAN BELAKANG DAN ARAH BOLA KANAN KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN FOREHAND DRIVE PADA ANGGOTA PUTRA UKM TENIS UNNES TAHUN 2010] PDF (PENGARUH LATIHAN FOREHAND DRIVE DIUMPAN DENGAN ARAH BOLA DEPAN BELAKANG DAN ARAH BOLA KANAN KIRI TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN FOREHAND DRIVE PADA ANGGOTA PUTRA UKM TENIS UNNES TAHUN 2010) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan pengaruh latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang dan arah bola kanan kiri terhadap kemampuan melakukan forehand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang dan arah bola kanan kiri terhadap kemampuan melakukan forehand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2010. Jika ditemukan ada perbedaan pengaruh, maka dicari mana yang lebih baik antara latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang dan arah bola kanan kiri terhadap kemampuan melakukan forehand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2010. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2010 sebanyak 16 orang. Teknik sampling menggunakan total sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang dan latihan forehand drive dengan arah bola kanan kiri. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan forehand drive. Desain atau pola penelitian ini adalah Matched Subject Design atau pola M-S. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan forehand drive menggunakan Hewits Achivement Test dengan validitas 0,63 dan reliabilitas 0,75. Analisis data menggunakan t-test rumus pendek dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil analisis data diperoleh t-hitung sebesar 5,39, sedangkan t-tabel pada d.b = 7 dengan taraf signifikasi 0,05 sebesar 2,36 (t-hitung = 5,39 > t-tabel = 2,36). Jadi ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan forehand drive arah bola depan belakang dan arah bola kanan kiri terhadap kemampuan forehand drive dalam permainan tenis. Uji beda mean kelompok eksperimen diperoleh hasil sebesar 33,375, sedangkan mean kelompok kontrol diperoleh hasil 28,625. Jadi Me > Mk (33,375 > 28,625). Dapat disimpulkan bahwa latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang lebih baik daripada arah bola kanan kiri terhadap kemampuan melakukan forehand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2010. Saran dari peneliti adalah: 1) Bagi guru Penjas dan pelatih tenis dalam membina kemampuan forehand drive agar disarankan supaya menggunakan latihan forehand drive diumpan dengan arah bola depan belakang sebagai latihan untuk meningkatkan kemampuan forehand drive pada permainan tenis, 2) Bagi peneliti lain yang tertarik dengan permasalahan ini disarankan untuk meneliti kembali dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tenis, forehand drive
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 02:04
Last Modified: 25 Apr 2015 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item