HALAMAN JUDUL PENGARUH MINAT KERJA, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN SOSIAL DAN FAKTOR BELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


MUTIARA RESTU AMALIA, 7101416260 (2020) HALAMAN JUDUL PENGARUH MINAT KERJA, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN SOSIAL DAN FAKTOR BELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416260.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dapat melahirkan Sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul. Keputusan adalah suatu proses penelusuran masalah yang memang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga kepada terbentuknya kesimpulan atau sebuah rekomendasi. Keputusan seseorang dalam menentukan pendidikannya akan mempengaruhi kemampuan dalam diri yang nantinya akan menimbulkan kecenderungan minat. Keputusan Karier ini berasal dari teori belajar sosial umum yang berkembang dari teori behaviorisme dan teori tentang penguatan (reinforcement) tingkah laku. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh analisis minat, kondisi sosial ekonomi orangtua, lingkungan dan faktor belajar terhdap keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi S1 Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian adalah selutuh mahasiswa pendidikan ekonomi angkattan 2016 yang berjumlah 326 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan tekhnik sampling random proporsional (proportional random sampling) dengan perhitungan berdasarkan rumus slovin sehingga sampel dalam penelitian, berjumlah 175 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif daengan desain penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang digunakan pula sebagai analisis data, selain itu uji yang digunakan yaitu uji analisis regresi, uji asumsi klasik dan uji hipotesis penelitian. Hasil Penelitian berdasarkan regresi menunjukan bahwa (1)Minat Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2016, (2)Kondisi sosial ekonomi orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2016, (3)Lingkungan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2016, (4) Faktor Belajar tidak berpengaruh terhadap keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2016, namun memiliki nilai positif secara simultan Saran dalam penelitian ini yaitu keputusan dalam memilih keputusan karier mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 sebaiknya memang harus sesuai dengan minat kerja, kondisi sosial ekonomi orangtua, lingkungan sosial dan faktor belajar sehingga keputusan yang diambil dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Kerja, Kondisi Sosial Ekonomi, Lingkungan Sosial, Faktor Belajar Keputusan Karier
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:17
Last Modified: 30 Nov 2020 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41778

Actions (login required)

View Item View Item