PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga)


Eti Rizkiyati Salma, 7101415371 (2020) PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga)]
Preview
PDF (PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga)) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting bagi siswa pada jenjang sekolah menengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar dan melalui prestasi belajar. Populasi penelitian 452 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2019/2020. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus slovin pada standard error 5% sebanyak 213 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Jenis penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif minat melanjutkan ke perguruan tinggi dan motivasi belajar masuk dalam kategori cukup baik, lingkungan teman sebaya masuk dalam kategori baik, sedangkan prestasi belajar masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan teman sebaya, motivasi belajar, dan prestasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar berhasil memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, prestasi belajar tidak berhasil memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui motivasi belajar). Lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar secara langsung. Prestasi belajar tidak berhasil menjadi variabel mediasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Saran bagi siswa agar menumbuhkan minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yakni dengan lebih aktif dan terus menggali informasi tentang perguruan tinggi. Interaksi positif dengan teman sebaya juga sebaiknya ditingkatkan supaya meningkatkan motivasi dan pencapaian prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:13
Last Modified: 30 Nov 2020 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41777

Actions (login required)

View Item View Item