PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SISWA KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 2 KEBUMEN (Tahun Pelajaran 2019/2020)


Candra Azaria, 7101415363 (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SISWA KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 2 KEBUMEN (Tahun Pelajaran 2019/2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SISWA KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 2 KEBUMEN (Tahun Pelajaran 2019/2020)]
Preview
PDF (PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SISWA KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 2 KEBUMEN (Tahun Pelajaran 2019/2020)) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Perilaku keuangan adalah kemampuan seseorang mengatur keuangan pribadi yang ia miliki yaitu termasuk merencanakan, menganggar, memeriksa, mengelola, mengendalikan, dan menyimpan keuangan. Perilaku konsumtif merupakan suatu hal yang menjadi penyebab rendahnya perilaku keuangan yang dimiliki seseorang. Selain itu, tingkat literasi keuangan yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh literasi keuangan, kecerdasan emosional, lingkungan keluarga, dan media sosial terhadap perilaku keuangan siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Kebumen sebanyak 736 siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 259 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional berada pada kategori baik, sedangkan perilaku keuangan, literasi keuangan dan media sosial berada pada kategori cukup. Literasi keuangan, kecerdasan emosional, lingkungan keluarga dan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap perilaku keuangan siswa. Secara parsial literasi keuangan, kecerdasan emosional, dan media sosial berpengaruh positif. Serta lingkungan keluarga tidak berpengaruh. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu meningkatkan literasi keuangan baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, serta dunia maya atau dalam hal ini yaitu sosial media agar siswa dapat memahaminya dengan baik dan dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan dan memperbaiki perilaku keuangan siswa. Mengarahkan siswa dengan cara pengajaran secara praktik baik di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga agar siswa tidak hanya mengerti tentang konsep yang diberikan, namun juga secara praktik agar dapat membentuk kepribadian siswa yang mempunyai keterampilan dalam mengelola keuangan secara baik. selain itu, hendaknya siswa meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengatur dan mengelola keuangannya sehingga dapat bermanfaat di kehidupan dewasanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, dan Media Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:07
Last Modified: 30 Nov 2020 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41775

Actions (login required)

View Item View Item