PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, LITERASI EKONOMI, GAYA HIDUP KELUARGA DAN BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ANAK NELAYAN (Studi Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang)


Yasinta Widi Astari, 7101415264 (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, LITERASI EKONOMI, GAYA HIDUP KELUARGA DAN BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ANAK NELAYAN (Studi Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, LITERASI EKONOMI, GAYA HIDUP KELUARGA DAN BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ANAK NELAYAN (Studi Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang)]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, LITERASI EKONOMI, GAYA HIDUP KELUARGA DAN BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ANAK NELAYAN (Studi Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang)) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif adalah perilaku seseorang atau individu dalam melakukan kegiatan pembelian atau menggunakan suatu barang dan jasa secara berlebihan dengan kengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, gaya hidup keluarga dan budaya terhadap perilaku konsumtif anak nelayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak nelayan di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang berjumlah 745 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif antara faktor literasi ekonomi, gaya hidup keluarga dan budaya secara simultan terhadap perilaku konsumtif anak nelayan, (2) tidak terdapat pengaruh antara faktor tingkat pendidikan terhadap perilaku konsumtif anak nelayan, (3) tidak terdapat pengaruh antara faktor literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif anak nelayan, (4) ada pengaruh positif antara faktor gaya hidup keluarga terhadap perilaku konsumtif anak nelayan, (5) ada pengaruh positif antara faktor budaya terhadap perilaku konsumtif anak nelayan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan adalah anak nelayan diharapkan dapat memikirkan secara matang sebelum berbelanja dengan membuat skala prioritas berupa catatan daftar belanja sebelum melakukan konsumsi, lebih memahami serta mengimplementasikan literasi ekonomi dalam kehidup sehari-hari dan pihak lembaga diharapkan lebih memperhatikan serta mengendalikan pola konsumtif dari masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Tingkat Pendidikan, Literasi ekonomi, Gaya Hidup Keluarga, Budaya.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:30
Last Modified: 30 Nov 2020 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41766

Actions (login required)

View Item View Item