PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN TATA RUANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 SALATIGA


Adam Kurnia Akbar, 7101416248 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN TATA RUANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416248.pdf]
Preview
PDF
Download (15MB) | Preview

Abstract

Hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan yang bersifat jasa yaitu pelayanan. Keberhasilan suatu instansi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang berkualitas yaitu pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Kualitas pelayanan merupakan suatu kegiatan pemberian layanan kepada yang mempunyai kepentingan tertentu berdasarkan standar yang dapat memberikan dampak berupa kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai, fasilitas perpustakaan, dan tata ruang terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Salatiga secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 1 Salatiga yang berjumlah 1377 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportionate random sampling. Sehingga hanya 310 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik dan analisis pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai, fasilitas perpustakaan, dan tata ruang secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Salatiga sebesar 61,4%. Sedangkan secara parsial variabel kompetensi pegawai sebesar 11,02%, fasilitas perpustakaan sebesar 3,27% dan tata ruang sebesar 34,92%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 4,460 + 0,346KP + 0,289FP + 0,865TR. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai, fasilitas perpustakaan, dan tata ruang terhadap terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Salatiga secara simultan dan parsial. Saran bagi pegawai perpustakaan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu perlu dioptimalkan lagi sikap pegawai perpustakaan serta perlu penambahkan kuantitas pegawai. Saran bagi perpustakaan, hendaknya perlu ditingkatkan dan dilengkapi berkenaan dengan fasilitas perpustakaannya dan tata ruang hendaknya dirancang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pegawai, Fasilitas Perpustakaan, Tata Ruang, dan Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:27
Last Modified: 30 Nov 2020 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41765

Actions (login required)

View Item View Item