PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015)


Raka Rizky Aditama, 7101415252 (2020) PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015)]
Preview
PDF (PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2015)) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa yang dimediasi oleh pengetahuan investasi dan manfaat investasi. Populasi penelitian sebanyak 858 diambil dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling sebanyak 273 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi sebesar 41,2%, variabel pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi sebesar 19,9%, variabel manfaat investasi berpengaruh terhadap minat investasi sebesar 51,4%, variabel pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap pengetahuan investasi sebesar 52%, dan variabel pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap manfaat investasi sebesar 56,1%. Sedangkan besaran pengaruh tidak langsung pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi melalui pengetahuan dan manfaat investasi masing-masing sebesar 15,1% dan 35,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah pelatihan pasar modal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pengetahuan investasi dan manfaat investasi sebagai variabel intervening. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa hendaknya lebih mempelajari cara berinvestasi yang tepat agar nantinya mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi. Mahasiswa hendaknya lebih mengoptimalkan sarana yang dimiliki fakultas berupa Galeri Investasi sebagai sumber belajar dan wawasan mengenai investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:24
Last Modified: 30 Nov 2020 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41764

Actions (login required)

View Item View Item