PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI KERJA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KETERAMPILAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Rimayani Amalia Wati, 7101415169 (2020) PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI KERJA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KETERAMPILAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI KERJA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KETERAMPILAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI KERJA DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KETERAMPILAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari Direktorat Jendral (Ditjen) Pendidikan Islam Kemenag tahun 2016 32% lulusan Madrasah Aliyah tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan bahkan banyak alumni Madrasah Aliyah yang tidak memiliki keterampilan setelah lulus dan kesulitan saat akan mencari pekerjaan. MAN 1 Kota Pekalongan merupakan sekolah dengan memiliki kelebihan berupa program keterampilan untuk menyiapkan lulusan mereka menjadi siap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan karier, motivasi kerja, dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keterampilan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y), sementara variabel independennya meliputi bimbingan karier (X1), motivasi kerja (X2), dan praktik kerja industri (X3). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan kerja siswa masuk dalam kategori tinggi. Secara simultan, bimbingan karier, motivasi kerja, dan praktik kerja industri (PKL) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Secara parsial variabel bimbingan karier berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, variabel motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, kemudian yang terakhir variabel praktik kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Saran untuk siswa yang ingin langsung bekerja setelah lulus untuk meningkatkan keterampilan yang dimilikinya guna mempersiapkan diri untuk bekerja. Dan untuk pihak sekolah diharapkan untuk terus mendukung, memfasilitasi, dan mengarahkan siswa setelah lulus sesuai bakat, minat dan keinginan mereka agar tidak terjadi kebingungan dan masa tunggu yang lama setelah lulus sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Bimbingan Karier, Motivasi Kerja, Praktik Kerja Industri (PKL)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:38
Last Modified: 30 Nov 2020 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41761

Actions (login required)

View Item View Item