ANALISIS KOMPETENSI SISWA BERBASIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN KELAS XII DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG


Eva Nur Rahayu, 7101416220 (2020) ANALISIS KOMPETENSI SISWA BERBASIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN KELAS XII DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416220.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kompetensi adalah salah satu kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung dengan sikap yang dituntut dalam pekerjaan tersebut. Hasil wawancara kepada Wakil Kepala Kurikulum SMK Teuku Umar Semarang ditemukan hasil bahwa kompetensi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan gambaran seberapa tinggi kompetensi siswa dari aspek kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Teuku Umar Semarang sebanyak 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan pnelian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan angka indeks menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi siswa secara keseluruhan memiliki rata-rata indeks total 78.97%. Sedangkan angka indeks secara parsial menunjukkan bahwa kompetensi sikap memperoleh angka indeks sebesar 80.63%. Kompetensi pengetahuan memperoleh angka indeks sebesar 76.85%. Kompetensi keterampilan memperoleh angka indeks sebesar 79.42%. Simpulan penelitian ini yaitu kompetensi siswa pada aspek kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan secara keseluruhan sudah mencapai rata-rata kriteria tinggi. Saran berkenan dengan hasil penelitian ini yaitu guru hendaknya memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif di kelas, guru hendaknya menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik pada saat pembelajaran, guru dan peserta didik hendaknya saling membantu mengembangkan keterampilan peserta didik, guru mengadakan kegiatan literasi setiap hari selama 10 menit sebelum memulai pembelajaran, dan pihak sekolah membangkitkan gerakan gemar membaca di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Kompetensi Sikap, Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Keterampilan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:38
Last Modified: 30 Nov 2020 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41760

Actions (login required)

View Item View Item