PENGARUH REPUTASI, HEDONIC MOTIVES, KEPERCAYAAN, DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ONLINE PURCHASE BEHAVIOUR DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizkiana Dini Oktavia, 7101416214 (2020) PENGARUH REPUTASI, HEDONIC MOTIVES, KEPERCAYAAN, DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ONLINE PURCHASE BEHAVIOUR DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416214.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi di era globalisasi yang didominasi oleh generasi millenial setiap saat. Salah satu yang paling terlihat dalam perkembangan teknologi adalah kecenderungan pembelian barang secara online di toko online ataupun e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reputasi, hedonic motives, kepercayaan, dan perceived ease of use terhadap online purchase behaviour dengan emosi positif sebagai variabel intervening pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penentuan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah sampel sebanyak 336 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung reputasi, hedonic motives, kepercayaan, perceived ease of use, dan emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase behaviour. Sementara itu, reputasi, kepercayaan, dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif, dan hedonic motives tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif. Hasil pengaruh mediasi kepercayaan dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase behaviour melalui emosi positif, sedangkan hasil pengaruh mediasi reputasi dan hedonic motives tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase behaviour melalui emosi positif. Simpulan dari penelitian ini adalah reputasi, hedonic motives, kepercayaan, perceived ease of use berpengaruh positif dan signfikan secara langsung terhadap online purchase behaviour. Sedangkan reputasi dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui emosi positif. Saran untuk mahasiswa adalah untuk mulai belajar membuat skala prioritas kebutuhan untuk membedakan mana barang-barang yang merupakan kebutuhan primer, sekunder dan tersier serta barang-barang yang seharusnya tidak dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reputasi, Hedonic Motives, Kepercayaan, Perceived Ease Of Use, Emosi Positif, Online Purchase Behaviour.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:33
Last Modified: 30 Nov 2020 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41758

Actions (login required)

View Item View Item