PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) BERBASIS UNIT PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N 6 SEMARANG


Eliza Makhbubah, 7101416210 (2020) PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) BERBASIS UNIT PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK N 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416210.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pelaksanaan program pembelajaran teaching factory, (2) Pembelajaran teaching factory berbasis unit produksi, (3) Pelaksanaan pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan semangat kewirausaha siswa. Pembelajaran teaching factory bertujuan melatih siswa untuk dapat berwirausaha. Pelaksanaan Teaching Factory yaitu dengan mendirikan unit usaha atau perusahaan di dalam sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas, Kepercayaan (Credibility), Keteralihan (Tranfearbility), Kebergantungan (Dependability), dan Kriteria Kepastian (Confirmability). Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran teaching factory sudah sesuai dengan konsep dan element, perlengkapan dan peralatan sudah terpenuhi, aspek pemasaran belum maksimal 2) Pembelajaran teaching factory berbasis unit produksi bermanfaat sebagai pengalaman dan melatih jiwa kewirausahaan siswa. Tujuannya untuk melatih dan memfasilitasi siswa untuk memaksimalkan bakat dan minatnya. Prinsip-prinsipnya menjadikan siswa mandiri dengan menanamkan mental berwirausaha, dan 3) Siswa memiliki motivasi untuk maju, kreatifitas dan inovasi serta komitmen, tingkat kecenderungan semangat kewirausahaan siswa termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan penelitian ini pelaksanaan program pembelajaran teaching factory, pembelajaran teaching factory berbasis unit produksi, dan pelaksanaan pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan semangat kewirausaha siswa SMK Negeri 6 Semarang Program Keahlian Busana Butik sudah dilaksanakan dengan baik. Saran yang dapat diberikan hendaknya dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak sekolah dalam menentukan strategi pemasaran serta mengembangkan jaringan pasar. Bagi guru hendaknya dapat melakukan evaluasi dan perbaikan hasil pembelajaran teaching factory secara rutin agar pempelajaran terdapat peningkatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teaching Factory, Unit Produksi, Semangat Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:29
Last Modified: 30 Nov 2020 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41757

Actions (login required)

View Item View Item