MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA IPS SMAN 1 KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO


Syaiputri Alfionita, 7101416201 (2020) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA IPS SMAN 1 KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416201.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah dan dapat diterapkan pada pembelajaran ekonomi. Model pembelajaran ini menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan siswa menjadi lebih aktif, karena siswa secara bersama dengan kelompoknya dapat bertukar pikiran dan mengembangkan pengetahuannya. Media audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang menjadi alternatif pengemasan bahan ajar yang dapat digunakan untuk memaparkan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajarran CIRC berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi dan motivasi belajar siswa IPS SMAN 1 Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dan desain penelitian NonEquivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS, dengan proses pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran CIRC. Metode analisis yang digunakan adalah uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dari rata-rata hasil tes akhir yang diperoleh kelas kontrol sebesar 68,12 dan kelas eksperimen sebesar 80,22. Hasil dari perhitungan uji t diperoleh sebesar 5,702 dan sebesar 1,670 dengan taraf signifikansi 5%, dan dari hasil perhitungan uji n-gain diperoleh rata-rata score n-gain kelas kontrol 0,30 dengan kategori rendah dan kelas eksperimen 0,58 dengan kategori sedang. Serta dilakukan analisis motivasi belajar siswa yang menunjukkan rata-rata persentase kelas kontrol sebesar 61,41% dengan kriteria sedang dan kelas eksperimen sebesar 74,03% dengan kriteria tinggi. Saran dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual dapat dipertimbangkan guru dalam proses pembelajaran untuk materi-materi ekonomi yang lain, karena terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Serta banyak hal yang dapat diteliti selain yang telah diteliti penulis, seperti pengukuran penilaian yang tidak hanya diukur dari aspek kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Media Audio Visual, dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:23
Last Modified: 30 Nov 2020 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41756

Actions (login required)

View Item View Item