PENGARUH GREED, OPPORTUNITY, NEED, DAN EXPOSURE TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018)


Tri Asih, 7101415010 (2020) PENGARUH GREED, OPPORTUNITY, NEED, DAN EXPOSURE TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GREED, OPPORTUNITY, NEED, DAN EXPOSURE TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018)]
Preview
PDF (PENGARUH GREED, OPPORTUNITY, NEED, DAN EXPOSURE TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016-2018)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecurangan akademik merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara tidak jujur untuk mencapai tujuan akademik yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh greed, opportunity, need, dan exposure terhadap kecurangan akademik dan peran religiusitas dalam memoderasi pengaruh greed, opportunity, need, dan exposure terhadap kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016, 2017, dan 2018 yang berjumlah 927 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling insidental. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 280 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa greed dan opportunity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Need dan exposure berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Religiusitas mampu memoderasi pengaruh opportunity dan exposure terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh greed dan need terhadap kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Simpulan dalam penelitian ini adalah greed dan opportunity secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa, sedangkan need dan exposure secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Kemudian religiusitas secara signifikan dapat memoderasi pengaruh opportunity dan exposure terhadap kecurangan akademik mahasiswa namun tidak dapat memoderasi pengaruh greed dan need terhadap kecurangan akademik mahasiswa. Saran yang diajukan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan untuk mengadakan forum belajar bersama untuk meningkatkan kemampuan diri, kemudian membaca buku dan mengikuti kajian tentang agama untuk meningkatkan pengetahuan tentang agama agar lebih memahami perintah dan larangan yang ada dalam agamanya, sehingga dapat menghindarkan diri dari kecurangan akademik. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan untuk membaca dan memahami peraturan yang ada di kampus sebagai bentuk pengendalian preventif agar tidak terjadi kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Greed, Opportunity, Need, Exposure, Religiusitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:57
Last Modified: 27 Nov 2020 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41751

Actions (login required)

View Item View Item