“PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG”


Senja Ismi Fiyara, 7101414260 (2020) “PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG”]
Preview
PDF (“PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG”) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan adalah suatu hasil yang dicapai pegawai dari upaya pegawai dalam bekerja secara profesional guna mencapai tujuan organisasi. Berdasarkan hasil observasi awal, ada indikator bahwa kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati memiliki faktor faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan harus ditingkatkan lagi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara disiplin kerja, lingkungan kerja fisik, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati. 2) Untuk mengetahui apakah disiplin kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati. 3) Untuk mengetahui apakah lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati. 4) Untuk mengetahui apakah kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Gunungpati. Sampel ditetapkan sebanyak 116 responden dengan menggunakan sampel insidental. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif presentase, asumsi klasik, dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis regresi yang telah dihitung diperoleh persamaan: Y= 4.307+ 0.396X1+ 0.317X2+ 0.300X3+ e menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja, lingkungan kerja fisik, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Adapun secara simultan dibuktikan dengan uji F dan diperoleh hasil 53.024 dan secara parsial dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 2.710 untuk variabel disiplin kerja (X1), 3.290 untuk variabel lingkungan kerja fisik (X2), 3.770 untuk variabel kompetensi pegawai (X3). Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh 1) Disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan, 2) Lingkungan kerja fisik terhadap kualitas pelayanan, 3) Kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini: 1) Hendak lebih mempercepat pelayanan agar pengunjung tetap mempercayakan kemampuan pelayanan para pegawai secara keseluruhan sehingga tercipta citra serta kualitas pelayanan daerah tersebut, 2) sebaiknya interior ditata ulang agar terlihat tidak terlalu ramai oleh interior yang ada, juga perlu dilakukan pengecatan ulang dengan warna yang lebih cocok dengan tidak memberikan dampak jenuh maupun terlalu kontras dengan mata agar tidak kehilangan fokus dalam bekerja, 3) Pegawai kecamatan perlu adanya suatu pelatihan keterampilan untuk lebih lancar, cepat dan tepat dalam melaksanakan pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Fisik, Kompetensi Pegawai dan Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:34
Last Modified: 27 Nov 2020 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41746

Actions (login required)

View Item View Item