STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA BATIK TULIS PUSAKA BERUANG DI LASEM KABUPATEN REMBANG


LENI NURITA, 7101413358 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA BATIK TULIS PUSAKA BERUANG DI LASEM KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA BATIK TULIS PUSAKA BERUANG DI LASEM KABUPATEN REMBANG]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA BATIK TULIS PUSAKA BERUANG DI LASEM KABUPATEN REMBANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri kecil mempunyai peranan yang penting dalam penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu sektor industri yang terkenal di Kabupaten Rembang adalah industri pembuatan batik tulis lasem. Batik tulis Pusaka Beruang adalah salah satu usaha pembuatan batik tulis di Lasem Kabupaten Rembang. Masalah dalam penelitian ini adalah jumlah produksi yang dihasilkan tidak sebanding dengan banyaknya karyawan yang dimiliki. Fokus penelitian ditujukan pada kondisi strategi pengembangan produksi dan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada usaha batik tulis Pusaka Beruang. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive), yaitu di usaha batik tulis Pusaka Beruang di Lasem Kabupaten Rembang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matrik SWOT, dan matriks IE. Berdasarkan identifikasi kondisi internal dan eksternal produksi pada usaha Batik Tulis Pusaka Beruang, dapat disimpulkan bahwa kekuatan utama terletak pada SDM yang terampil dan berpengalaman, kelemahan utama terletak pada cuaca yang mempengaruhi proses produksi, dan peluang utama yaitu adanya relasi dengan pemasok bahan baku serta ancaman utama berupa teknologi produksi masih sederhana. Berdasarkan identifikasi kondisi internal dan eksternal pemasaran Batik Tulis Pusaka Beruang, dapat disimpulkan bahwa kekuatan utama terletak pada lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau pembeli, kelemahan utama yaitu pemasaran online kurang optimal dan hanya memiliki 1 cabang dan peluang utama yaitu meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memakai batik serta ancaman utama berupa persaingan usaha batik tulis tinggi. Perumusan alternatif strategi dengan menggunakan matriks SWOT yaitu dengan (a) Memperluas pasar dengan melakukan inovasi desain, motif dan corak batik fashion yang sedang trend; (b) Memperluas pasar dengan membuka cabang di sekitar lokasi wisata Rembang dan luar kota Rembang; (c) Meningkatkan promosi secara online (pembuatan website) dan offline (pemberian diskon, kartu member maupun pembayaran bertempo); dan (d) Mempertahankan kualitas produk dengan harga yang sesuai pangsa pasar. Perumusan alternatif strategi produksi dan pemasaran berdasarkan matriks IE didapatkan strategi utama yaitu strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Strategi yang bisa dilakukan pada kuadran ini adalah dengan memperluas perusahaan dengan cara membangun di lokasi yang lain, dan meningkatkan jenis produk serta jasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, Batik Tulis Lasem, SWOT, Matriks IE
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:21
Last Modified: 27 Nov 2020 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41744

Actions (login required)

View Item View Item