HUBUNGAN KEADAAN FISIK, SOSIOEKONOMI, DAN KARAKTERISTIK KLINIS PASIEN DENGAN STATUS DEPRESI PADA PASIEN TUBERKULOSIS MULTI DRUG RESISTANT (Studi Kasus di RSUP. Dr Kariadi Semarang)


Indah Septiani, 6411415059 (2020) HUBUNGAN KEADAAN FISIK, SOSIOEKONOMI, DAN KARAKTERISTIK KLINIS PASIEN DENGAN STATUS DEPRESI PADA PASIEN TUBERKULOSIS MULTI DRUG RESISTANT (Studi Kasus di RSUP. Dr Kariadi Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEADAAN FISIK, SOSIOEKONOMI, DAN KARAKTERISTIK KLINIS PASIEN DENGAN STATUS DEPRESI PADA PASIEN TUBERKULOSIS MULTI DRUG RESISTANT (Studi Kasus di RSUP. Dr Kariadi Semarang)]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEADAAN FISIK, SOSIOEKONOMI, DAN KARAKTERISTIK KLINIS PASIEN DENGAN STATUS DEPRESI PADA PASIEN TUBERKULOSIS MULTI DRUG RESISTANT (Studi Kasus di RSUP. Dr Kariadi Semarang)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan urutan ke-9 di antara 27 negara yang mempunyai beban tinggi untuk TB MDR. Depresi merupakan kondisi komorbiditas yang umum pada penderita tuberkulosis (TB) akibat pengobatan jangka panjang dan efek samping obat. Depresi pada pasien TB dapat menyebabkan resistensi obat, morbiditas, dan mortalitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keadaan fisik, sosioekonomi, dan karakteristik klinis pasien dengan status depresi pada pasien Tuberkulosis Multi Drug Resistant di RSUP. Dr kariadi Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian yaitu 72 responden dengan teknik consequtive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar dokumentasi dan catatan medis. Data dianalisis secara univariat dan bivariat (dengan uji chi square). Hasil menunjukkan bahwa jenis kelamin, keberadaan komorbiditas, adanya stigma dan efek samping obat yang berat berhubungan dengan status depresi pasien TB MDR di RSUP. Dr. Kariadi Kota Semarang. Saran penelitian diberikan kepada masyarakat dan instansi kesehatan agar berpartisipasi dalam mengontrol munculnya depresi pada pasien TB MDR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Depresi, TB MDR, Cross sectional
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:05
Last Modified: 27 Nov 2020 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41740

Actions (login required)

View Item View Item