PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 2 TEGAL
Risma Putri Pranitasari , 7101406114 (2010) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 2 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 2 TEGAL)
- Published Version
Download (814kB) | Preview |
Abstract
Motivasi dirumuskan sebagai suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi, serta arah umum dari tingkah laku manusia, merupakan konsep yang rumit dan berkaitan dengan konsep-konsep lain seperti minat, konsep diri, sikap, dan sebagainya. Motivasi berprestasi adalah kecenderungan untuk berjuang mencapai sukses atau gagal dan keinginan untuk selalu unggul dan menjadi yang terbaik dalam belajar. Motivasi berprestasi pada siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajarnya. Lingkungan yang besar dan penting pengaruhnya terhadap motivasi berprestasi adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi berprestasi? 2) Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi? 3) Adakah pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi? 4) Seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi?. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa yang terdiri dari kelas XI AP 1, XI AP 2 dan XI AP 3 SMK N 2 Tegal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Variabel yang diteliti yaitu variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah sebagai variabel bebas, dan motivasi berprestasi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dalam kategori tinggi sebesar 75,20%, lingkungan sekolah dalam kategori tinggi sebesar 65,83%.Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk lingkungan keluarga diperoleh thitung 3,501 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan lingkungan sekolah diperoleh thitung 3,115 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 15,327 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 13,24% dan lingkungan sekolah sebesar 10,82%. Sedangkan secara simultan sebesar 25,9% selebihnya 74,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi Berprestasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2011 06:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4174 |
Actions (login required)
View Item |