ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELAS IBU HAMIL RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS GONDOSARI KABUPATEN KUDUS


Verlinda Novitasari, 6411415021 (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELAS IBU HAMIL RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS GONDOSARI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELAS IBU HAMIL RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS GONDOSARI KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELAS IBU HAMIL RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS GONDOSARI KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama ibu hamil agar memperoleh pengetahuan yang cukup untuk mencegah komplikasi dan meningkatkan cakupan kunjungan ibu hamil. Berdasarkan data dari laporan Tahun 2018 Puskesmas Gondosari, didapatkan data pelayanan K4 mencapai 94,4 %belum mencapai target SPM tahun 2018 (100%). Kelas ibu hamil risti belum sesuai dengan pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil seperti yang ditetapkan oleh Kemenkes RI. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Gondosari Kabupaten Kudus menggunakan analisis pelaksanaan input, proses dan output. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen berupa pedoman wawancara mendalam, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa bidan belum mampu untuk menggerakan peran serta suami atau keluarga untuk mengikuti program kelas ibu hamil. kegiatan yang berjalan sudah dilaporkan tetapi belum ada evaluasi dari dinas kesehatan kabupaten Kudus. Pelaksanaan program kelas ibu hamil risiko tinggi belum sesuai dengan pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil seperti yang ditetapkan oleh Kemenkes RI. Saran bagi Puskesmas dalam pelaksanaan program kelas ibu hamil risiko tinggi diharapkan dapat dilakukan di 5 desa wilayah kerja puskesmas Gondosari. Dinas Kesehatan diharapkan dapat melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala hasilnya dapat dijadikan sebagai alat untuk memperbaiki kebijaksanaan pelaksanaan program dan perencanaan program yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pelaksanaan, Kelas Ibu Hamil
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:00
Last Modified: 27 Nov 2020 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41739

Actions (login required)

View Item View Item