PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI ABRASI MENGGUNAKAN MEDIA CITRA SATELIT MULTITEMPORAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN MANGKANG KULON KOTA SEMARANG


Chalissa Faiz Nabilla, 3201416063 (2020) PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI ABRASI MENGGUNAKAN MEDIA CITRA SATELIT MULTITEMPORAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN MANGKANG KULON KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3201416063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah abrasi pantai akhir–akhir ini cenderung meningkat diberbagai daerah tidak terkecuali di Pantai Semarang. Salah satu daerah yang mengalami abrasi cukup parah adalah pantai Semarang bagaian barat yang meliputi Kecamatan Tugu dan Kecamatan Semarang Barat. Kelurahan Mangkang Kulon merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Tugu Kota Semarang yang terkena bencana abrasi. Interaksi antara gelombang laut, arus laut, dan bangunan industri yang berada di sebelah timur dapat mempercepat terjadinya abrasi pantai. Dari waktu ke waktu pantai yang terabrasi semakin banyak. Salah satu penyebabnya adalah bangunan industri yang menjorok ke laut. Pendidikan dan pengetahuan tentang bencana sangat penting diberikan kepada masyarakat sekitar agar dapat mencegah dan meminimalisir dampak yang ditimbulkan akibat bencana. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan pengetahuan masyarakat sesudah dilakukan pembelajaran mengenai abrasi menggunakan media citra satelit multitemporal; 2) Mengetahui respon masyarakat terhadap penggunaan media citra satelit multitemporal dalam pembelajaran mengenai abrasi di Kelurahan Mangkang Kulon. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat RW 1 Kelurahan Mangkang Kulon. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan total 60 sampel. Metode pengumpulan data dengan tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test, uji n-gain dan scoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat di Kelurahan Mangkang Kulon mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media citra satelit multitemporal. Hasil uji perbandingan rata-rata pengetahuan diperoleh nilai signifikansi 0,000 (nilai signifikansi 0,000 < 0,005) dapat dimaknai bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test. Kategori dari peningkatan tersebut dilihat dengan uji n-gain yang diperoleh hasil sebesar 0,594 masuk dalam kategori peningkatan sedang. Respon masyarakat terhadap media citra satelit multitemporal tergolong sangat tinggi dengan rata-rata mencapai 85,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan masyarakat Kelurahan Mangkang Kulon mengenai bencana abrasi. Saran dari peneliti adalah pengetahuan masyarakat mengenai bencana abrasi perlu ditingkatkan lagi, dengan pembelajaran yang bersifat praktik berupa upaya pencegahan bencana abrasi, seperti penanaman mangrove dan bersih lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Abrasi, Media, Citra Satelit Multitemporal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:54
Last Modified: 27 Nov 2020 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41737

Actions (login required)

View Item View Item