TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM NOVEL KELADUK MANIS ING SALUMAHE SAMBILATA KARYA TULUS SETIYADI


Lina Retnowati, 2601414098 (2020) TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM NOVEL KELADUK MANIS ING SALUMAHE SAMBILATA KARYA TULUS SETIYADI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601414098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu ihwal yang substansial dalam kehidupan kita adalah bahasa. Adapun dalam implementasinya dibutuhkan sebuah sarana untuk menuangkan apa yang kita rasakan dalam wujud sebuah rangkaian aksara. Ihwal tersebut dapat dituangkan melalui sebuah karya dengan rupa novel. Oleh sebab itu, dalam cipta novel tentu tidak terlepas dari lakuan tutur. Salah satu lakuan tutur yang dapat diimplementasikan dalam penggunaan bahasa adalah lakuan tutur perlokusi. Selain itu, lakuan tutur perlokusi juga dapat difungsikan dalam menciptakan karya sastra terutama dalam cipta novel. Permasalahan yang ditelaah dalam penelitian ini adalah (1) ragam lakuan tutur perlokusi yang tersaji dalam novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata dan (2) fungsi lakuan tutur perlokusi yang tersaji dalam novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata. Tujuan penelitian ini untuk menyelisik ihwal ragam serta fungsi lakuan tutur perlokusi dalam novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata. Manfaat dilaksanakannya penelitian ini dapat memberikan jalan untuk dilaksanakannya penelitian lain dengan esensi kajian yang berbeda, dan pelaksanaan penelitian ini dapat dijadikan sebagai komplemen dalam ranah pelaksanaan penelitian kebahasaan. Dalam pelaksanaan penelitian ini menerapkan pola penelitian kualitatif deskriptif, sebab pelaksanaan penelitian ini memaparkan perolehan penelitian dengan wujud data-data tertulis yang kemudian dipaparkan secara eksplisit. Penelitian ini melekatkan datanya pada lakuan tutur perlokusi dalam novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata, dan sumber data yang dilekatkan dalam penelitian ini adalah novel Keladuk Manis ing Salumahe Sambilata karya Tulus Setiyadi. Penelitian ini menerapkan teknik pengumpulan data dengan jenis teknik simak serta teknik catat. Teknik analisis data yang diterapkan penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik penyampaian hasil analisis data yang diterapkan penelitian ini adalah pola informal dengan memaparkan data dengan wujud kata-kata yang sebenarnya. Pelaksanaan penelitian ini membawa perolehan bahwa novel karangan Tulus Setiyadi tersebut memiliki tiga ragam lakuan tutur perlokusi dan empat fungsi lakuan tutur perlokusi. Lakuan tutur perlokusi dengan ragam lakuan tutur langsung secara literal adalah ragam lakuan tutur perlokusi yang dominan. Selanjutnya, fungsi lakuan tutur perlokusi yang mendominasi adalah fungsi lakuan tutur perlokusi ekspresif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lakuan tutur, lakuan tutur perlokusi, novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:40
Last Modified: 27 Nov 2020 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41733

Actions (login required)

View Item View Item