SUMBANGAN KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DAN KELENTUKAN PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING (Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun 2019)


ROZZY ZULLYATMOKO SYAHPUTRA, 6301415060 (2020) SUMBANGAN KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DAN KELENTUKAN PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING (Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUMBANGAN KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DAN KELENTUKAN PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING (Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun 2019)]
Preview
PDF (SUMBANGAN KELINCAHAN, KESEIMBANGAN DAN KELENTUKAN PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING (Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun 2019)) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Dribbling perlu dilatih untuk menambah kemampuan skill, dribbling juga dipelajari di ekstrakurikuler sepakbola SMA Muhammadiyah 1 Temanggung namun kadarnya masih sedikit dan dari hasil pengamatan di lapangan kemampuannya masih dikategorikan cukup. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui masing-masing besar sumbangan kelincahan, keseimbangan, kelentukan punggung terhadap kemampuan dribbling, dan untuk mengetahui besar sumbangan antara kelincahan, keseimbangan dan kelentukan punggung terhadap kemampuan dribbling. Populasi penelitian ini berjumlah 32 orang dengan sampel 20 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampel. Variabel penelitian ini yaitu kelincahan, keseimbangan, kelentukan punggung sebagai variabel bebas dan dribbling sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan survey dengan tes dan pengukuran. Selanjutnya data diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: sumbangan kelincahan terhadap kemampuan dribbling sebesar 19,89%, sumbangan keseimbangan terhadap kemampuan dribbling sebesar 5,77%, sumbangan kelentukan punggung terhadap kemampuan dribbling sebesar 13,23%, sumbangan kelincahan, keseimbangan, kelentukan punggung terhadap kemampuan dribbling sebesar 83,1%. Simpulan Hasil penelitian sumbangan dari ketiga variabel terhadap dribbling sebesar 83,1%. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis, sebaiknya menambahkan variabel lain yang memberikan sumbangan terhadap kemapuan dribbling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelincahan, keseimbangan, kelentukan punggung, dribbling
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:32
Last Modified: 26 Nov 2020 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41714

Actions (login required)

View Item View Item