KESESUAIAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA PESERTA ATLETIK KLUB JOYO KUSUMO KABUPATEN PATI TAHUN 2019


Yoga Irawan, 6301414059 (2020) KESESUAIAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA PESERTA ATLETIK KLUB JOYO KUSUMO KABUPATEN PATI TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESESUAIAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA PESERTA ATLETIK KLUB JOYO KUSUMO KABUPATEN PATI TAHUN 2019]
Preview
PDF (KESESUAIAN MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA PADA PESERTA ATLETIK KLUB JOYO KUSUMO KABUPATEN PATI TAHUN 2019) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana Kesesuaian Minat dan Bakat Olahraga Pada Peserta Atletik Klub Joyo Kusumo Kabupaten Pati Tahun 2019? Metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif, teknik pengambilan data dengan tes. Desain penelitian one-shot case study. Variabel penelitian yaitu minat dan bakat olahraga pada peserta atletik sebagai variabel terikat. Sampel penelitian pada peserta Atletik Klub Joyo Kusumo Tahun 2019 yang berjumlah 20 atlet. Metode untuk minat menggunakan deskriptif presentase. Sedangkan untuk bakat menggunakan software sport search. Hasil kesesuaian minat dan bakat peserta klub Joyo Kusumo Pati Tahun 2019 dalam cabang olahraga atletik yang sesuai 12 atlet (60%) yaitu 8 siswa potensi lari sprint, 3 atlet potensi nomor lempar cakram,1 atlet potensi di lompat jauh , kurang sesuai 5 atlet (25%), dan tidak sesuai 3 atlet (15%). Saran:1) Bagi pelatih, atlet yang antara minat dan bakat olahraganya sesuai untuk diberikan latihan yang lebih intensif untuk meningkat prestasi. Peserta klub Joyo Kusumo yang kurang/ tidak sesuai bisa diarahkan beralih ke nomor atletik yang lainnya. 2) Bagi atlet yang memiliki kesesuaian antara minat dan bakat olahraganya sesuai untuk tetap menjaga potensi dan tekun berlatih. Sedangkan atlet yang kurang/tidak sesuai bisa berlatih untuk menutup kekurangan kondisi fisiknya sehingga diharapkan bisa meningkat sesuai cabang yang diminati. Kata kunci: Minat dan bakat, Atletik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat dan bakat, Atletik.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:02
Last Modified: 26 Nov 2020 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41710

Actions (login required)

View Item View Item