PERAN GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 02 SUKOREJO DAN SMP MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Indah Yuni Kurniawati, 3601416043 (2020) PERAN GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 02 SUKOREJO DAN SMP MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 02 SUKOREJO DAN SMP MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PERAN GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 02 SUKOREJO DAN SMP MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sosial menjadi pusat perhatian dalam sistem pendidikan, gejala masalah sosial dan pribadi tampak dalam perilaku keseharian pada peserta didik. Sikap individualis, egois, tidak menghargai, melanggar aturan, dan kurang percaya diri merupakan fenomena yang menunjukan adanya ketimpangan sosial. Guru berperan dalam mengarahkan dan fasilitator bagi peserta didik agar tidak berpilaku menyimpang. Sebagai makhluk sosial individu dituntut untuk mampu mengatasi segala permasalahan yang timbul sebagai hasil interaksi dan komunikasi dengan lingkungan sosial dan mampu menampilkan diri sesuai norma dan aturan yang berlaku. Oleh karena itu setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan sosial baik dalam sekolah maupun di lingkungan sekitar. Penelitian berfokus pada: (1) Cara guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial pada peserta didik di SMP Negeri 02 Sukorejo dan SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo; (2) Media dan model pembelajaran yang digunakan guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial pada peserta didik; (3) kendala dan upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Dan dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Guru IPS berperan penting dalam mengembangkan keterampilan sosial berkomunikasi dan berinteraksi pada peserta didik, (2) Media dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam memgembangkan keterampilan sosial berdampak pada perilaku peserta didik, (3) Kendala dalam pembelajaran seperti: melanggar aturan, kurang percaya diri, dan berkelompok dapat ditangani dengan nasihat, pengarahan, pendekatan, dan hukuman. Saran yang diberikan kepada guru IPS di SMP Negeri 02 Sukorejo dan SMP Muhammadiyah 04 Sukorejo hendaknya lebih menguasai kelas, menggunakan media dan model pembelajaran yang bervariasi, mengetahui karakteristik peserta didik, berperan optimal dalam menangani tingkah laku peserta didik, bekerjasama antar sesama guru, kepala sekolah dan seluruh karyawan yang ada, mengikuti perkembangan zaman baik pada aspek teknologi dan kebijakan dari pemerintah. Agar pengembangan keterampilan sosial pada peserta didik berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:49
Last Modified: 26 Nov 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41709

Actions (login required)

View Item View Item