PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN


NUR FITRIANI SADIYAH, 3601416003 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Lahirnya kurikulum 2013 untuk menjawab tantangan dan pergeseran paradigma pembangunan abad ke-20 menuju abad 21 dimana menuntut dunia pendidikan agar mempersiapkan peserta didik menjadi lebih inofatif, kreatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, bernegara dan peradaban dunia serta persaingan yang lebih ketat salah satunya dengan cara peningkatan kemampuan berpikir peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap High Order Thinking Skills Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang berlokasi di SMP Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Gombong, sementara sampel yang diambil adalah kelas VIII B dan VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger di SMP N 1 Gombong terdiri dari tiga tahapan yaitu basic tools, practice with proces, dan working with the real problems (2) Model pembelajaran Treffinger berpengaruh dimana meningkatkan HOTS peserta didik pada pembelajaran IPS. Hal ini diketahui dari nilai ????????????.=0,000 < 0,05 dengan ????ℎ???????????????????? = -13,763. HOTS dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger berpengaruh lebih tinggi daripada dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Dimana nilai rata rata pretest kelas VIII B sebesar 63,709 dan kelas VIII C sebesar 57,775. Nilai posttest kelas VIII B sebesar 84,956 sedangkan kelas VIII C sebesar 76,303 dimana soal pretest dan posttest terdiri dari soal High Order Thinking Skills. (3) Terdapat kendala dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger yaitu perbedaan kemampuan setiap peserta didik dalam kesiapan menerima materi yang diberikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Treffinger, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:44
Last Modified: 26 Nov 2020 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41706

Actions (login required)

View Item View Item